FOBIA

Kalau mendengar kata fobia atau membaca kata tersebut, apa yang pertama kali terlintas di pikiran? rasa takut berlebihan? atau fobia merupakan jenis penyakit?

Secara umum, fobia biasanya diartikan sebagai ketakutan akan sesuatu secara berlebihan. Gejalanya sendiri juga berbeda-beda tergantung si ‘penderita’. Jenis-jenis fobia juga beragam, yang paling umum contohnya fobia pada darah (hemophobia), fobia ketinggian (acrophobia), dan fobia pada kegelapan (lygophobia). Itu masih sedikit dari ratusan contoh fobia di dunia. Nah, saya mungkin salah satu orang yang menunjukkan gejala-gejala acrophobia.

Awalnya saya gak takut dengan ketinggian, tapi beberapa tahun belakangan ini, saya mulai ngerasa sedikit was-was dan keringat dingin kalau di tempat yang tinggi. Saya sempat suggest diri saya kalau saya gak takut atau fobia dengan ketinggian tapi kayaknya gak ngaruh deh, malah makin keringat dingin dan gemetar, hahaha. Mungkin orang bisa maklum liat orang yang ketakutan setengah mati berdiri di atas ketinggian yang ekstrim, kayak di jembatan kaca di China. Terus kalau kasusnya saya gimana?

Jadi ceritanya saya ke salah satu mall di Medan. Yang namanya di mall pilihan untuk pindah lantai itu ya kalau gak pake eskalator, pasti lift. Nah, jadi saya naik eskalator untuk ke level berikutnya, tapi entah kenapa saya ngerasa eskalatornya agak curam, mungkin 45 derajat kali ya. Udah pemandangan umum juga kalo lagi di eskalator, pasti secara gak sadar kita ngeliat bagian bawah/lantai bawah. Mungkin orang lain akan biasa aja pas ngeliat bawah, tapi saya langsung keringat dingin, tangan saya basah, dan matung terus saya pegang kuat-kuat karet pegangan eskalatornya ahaha 😀 . Belajar dari situ, tiap kali saya naik eskalator, saya bakal milih berdiri di sisi yang berdampingan dengan eskalator lainnya atau mending pake lift aja XD .

sun-plaza.jpg
Sun Plaza

Beda lagi di Sun Plaza Medan, eskalatornya itu sendiri-sendiri alias gak bersebelahan dengan eskalator naik/turun. Buat saya yang bermasalah dengan ketinggian, saya udah pasti milih lift aja daripada saya matung gak jelas di eskalator 😀 .

Itu masih di mall, belum lagi waktu saya di Penang Hill. Saya sok-sokan ngajak teman ke sana karena emang view nya yang bagus. Saat sampai di atas, kita ke Viewing Deck untuk ngeliat pemandangan. Teman-teman saya udah heboh selfie dan ngeliatin pemandangan. Lalu saya? Saya berdiri matung sambil pegangan pagar besi pembatas. 

This slideshow requires JavaScript.

Saya udah coba beraniin diri untuk ngeliat ke bawah atau minimal nenangin diri dengan cara mandang jauh lurus ke depan tapi tetep aja masih tegang dan keringat dingin. Teman-teman saya ngajakin selfie tapi saya nolak karena udah keburu gugup. Mereka mulai curiga ke saya yang terus-terusan nolak dan berdiri mepet banget ke dinding deck nya dan akhirnya mereka ketawa waktu tau saya takut ketinggian -_- . Inilah hasil foto orang mepet ke dinding karena ketakutan XD . Asli saya gak berani berdiri deket pagar saat itu walaupun saya sebenernya kepengen banget foto-foto.

IMG20160725171520
Penang Hill

Well, pada akhirnya mereka ketawa karena tau saya takut dan saya habis-habisan diledekin bahkan masih jadi topik yang makin lama makin panas untuk dibicarakan walaupun udah di Medan -_- .

IMG20160725172005
Penang Hill

Sampai sekarang pun saya masih mencari cara untuk menghilangkan rasa takut saya terhadap ketinggian karena di tempat umum kayak mall aja pun, saya masih suka gugup kalau naik eskalator. Lebay? Mungkin. Tapi buat orang yang mungkin punya ketakutan yang sama seperti saya, ini jadi perkara serius karena saya sendiri juga gak tau efek ke depannya.

Ini selalu menjadi pertanyaan buat saya, apakah untuk gejala-gejala yang saya alami bisa disebut fobia? Atau mungkin di antara teman-teman, ada yang punya pengalaman mirip soal ketakutan atau fobia? Sharing, yuk 😉

Leave a Reply

