Backpacker ke Malaysia – Hatyai – Penang *PERDANA !!!

Rasanya udah lama banget tangan saya gatel pengen ngetik soal pengalaman saya yang serba perdana ke Malaysia dan Thailand. Mulai dari naik pesawat perdana, keluar negeri perdana, ketinggalan train perdana, bobok bareng bule-bule di dorm perdana. Ah biasa aja mah kalo cuma gitu ya? Iya, buat yang udah malang-melintang ke luar negeri terlalu mainstream, tapi yang paling hebatnya *menurut saya, adalah teman jalan saya backpacker-an ke sana itu juga sama perdana nya. Sama sekali belum pernah naik pesawat, ah pokoknya sami mawon dah sama saya. Yang perdana emang greget *:D big grin .

Semua nya berawal dari  paspor saya yang uda lama saya urus tahun 2013 tapi masih kosong melompong belom ada cap imigrasi dan sempat di PHP-in ama abang kandung sendiri untuk ngunjungi dia di Penang, tapi dia nya keburu balik Medan dan gak niat untuk ke sana lagi *:| straight face . Saya fix kesel karena masa paspor yang tinggal 2 tahun lagi (saya berangkat Juli 2016). Akhirnya saya ngajak kawan satu kantor dan ternyata dia udah beli tiket duluan ke sana tanpa ngajakin saya. Ah kezel beettssss la saat itu. Tiap minggu saya pantengin website nya AA dan finally saya dapat juga tiket 450rb PP Medan-KL di bulan Januari untuk flight Juli 2016. Masih kalah murah sih ama tiket temen saya 350rb PP. Perjuangan buat jalan-jalan sebenernya bisa dibilang uda dimulai bahkan dari sebelum berangkat, yaitu pas beli tiket sampai 3 kali book dengan memilih pembayaran via indoma***ret dan alfama**rt karena deket banget dengan kantor dan rumah saya dan 3-3 nya GAGAL. Saya heran, temen saya mulus-mulus aja pas bayar di sana, kenapa saya malah gak. Saya beneran takut gak bisa melakukan payment karena saat itu hari terakhir promo. Percobaan ke-4 akhirnya saya milih transfer aja *yaelaa kenapa gak dari awal aja sih, pan *#-o d'oh!.

IMG20160723164420

Tapi Alhamdulillah, akhirnya jadi berangkat juga bareng temen kantor. Monggoh saya perkenalkan temen jalan, temen backpacking, temen yang sama nekatnya kayak saya XD. Pria paling tamvan di grup saya, bg Arie, lalu yang berhijab itu pacarnya sekaligus admin di kantor saya, Kak Rara, dan disebelahnya itu partner in-crime saya, Tri. Saya? Ah udah ketauan laya yang mana, hihiiiii *:P tongue .

IMG20160723163100
Depan-belakang: saya (Fanny) – kak Rara – Tri – bg Arie

Walaupun perjalanan lalu serba perdana buat kita berempat, tapi kita uda bagi-bagi tugas buat di sana. Saya yang buat itinerary ngerangkap guide *sok amat yak saya nya ahahaha. Karena diantara yang lain, saya yang paling rajin searching dan baca-baca blog travelling. Temen saya, kak Rara yang ngurus pembayaran hotel dan lain-lain *karena hanya dia yang punya credit card, Tri yang yang bakal mencatat pengeluaran kami di sana karena dia cukup teliti dan gak pelupa kaya saya, ahhaha dan bang Arie yang jadi bodyguard, ceileee  *&lt):) cowboy. Aslinya yang pergi ada 6 orang, tapi yang 2 orang lagi tereliminasi karena ada urusan pribadi, jadilah kita berempat yang fix ke sana.

Kita berempat sepakat untuk backpacking, jadi gak boleh ada yang bawa koper karena repot dan kita juga hanya memesan bagasi pesawat untuk pulang. Carrier atau ransel udah cukup banget dan yang terpenting adalah mesti hemat disana, hehehe. Ini itinerary kita kala itu:

23 Juli 2016 Malaysia Biaya
17.55 – 19.55 Depart KNO – KUL
21.00 KUL – Terminal Bersepadu Selatan (TBS) Rm 10
23.00 TBS – HATYAI via Alisan Golden Coach

( 8 jam perjalanan)

Rm 60
24 Juli 2016 HATYAI Biaya
10.00 Check-in Hatyai Youth Hostel Rp 426.060 (sudah tax, service, dan biaya CC)
12.00 Lunch @Salma Restaurant
13.00 One day tour to Songkhla (Sewa mobil) 1800 baht/ orang
18.00 Balik hostel
20.00 Dinner @Hamid halal restaurant
22.00 Free time
25 Juli 2016 PENANG Biaya
10.00 Hatyai – Penang (Sungai Nibong Terminal) via van

(4 jam perjalanan)

400 baht *saya lupa pastinya
15.00 Free time + Penang hill Rm 30
26 Juli 2016 Kuala Lumpur Biaya
07.30 Penang – KL (via Billion Stars Express Bus)

(5 jam perjalanan)

Rm 38
12.00 KL Sentral, Kuala Lumpur
14.00 Check-in Ferloft KL @Chinatown Rp 232.444 (sudah tax, service, dan biaya CC)
15.00 ~ – Pasar Seni

– Petaling Street

– Dataran Merdeka

– Mesjid Jameek

–  KLCC

– Alor

27 Juli 2017 KL – Medan Biaya
09.00 Batu Caves
14.00 KL Sentral – KLIA2 (via Bus) Rm 11
15.15 Boarding dll
17.55 – 16.55 KUL – KNO

Udah gini aja itinerary nya? Biasa banget ya? Iya, ini masih kasarnya aja *based on our experience dan sedikit berbeda dengan itin yang saya buat sebelum berangkat karena ternyata itinerary tak seindah kenyataan di lapangan.

Screenshot_2017-05-26-00-29-07-24
Itinerary sebelum berangkat

Tetep ada yang namanya melenceng dari rencana dan kejadian-kejadian tak terduga yang kita hadapi selama di sana. Mulai dari perkara bahasa di Hatyai, hampir ribut sama warga lokal di Penang, dan saya dan Tri yang ketinggalan LRT di KL. Untuk biaya sengaja gak saya masukin secara rinci karena kebetulan catatan lengkap biayanya hilang. Jadi, saya hanya bisa mengingat beberapa aja dan akan saya update selengkapnya di postingan berikutnya *semoga saya masih ingat *:(( crying.

To be continued …..

Leave a Reply

